Download RPP K-13 Matematika Kelas VII SMP Revisi Tahun 2018
RPP K-13 Matematika kelas VII SMP |
Pada kesempatan kali ini, saya akan membagi RPP K-13 Matematika Kelas VII SMP Revisi Tahun 2018 untuk persiapan pembelajaran anda di kelas.
RPP ini dibuat dengan setandar Dinas Pendidikan, dan merupakan hasil pelatihan saya selama mengikuti Program Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran K-13 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan.
Berikut Contoh RPP K-13 Matematika Kelas VII SMP Revisi Tahun 2018, semoga bisa dikebangkan, dan dijadikan model untuk RPP BAB yang lain serta jenjang atau level yang lain.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMPIT Al Masykar Bina Insani
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII/1
Materi Pokok :
Himpunan (Diagram Venn)
Alokasi Waktu :
2
x 45 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
A.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
3.2.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan oprasi biner pada
himpunan.
|
3.2.1
Menggambar
diagram venn dari suatu himpunan.
3.2.2
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
diagram venn.
3.2.3
Menyajikan oprasi himpunan seperti irisan, gabungan,
dan himpunan bagian dalam bentuk diagram venn.
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
proses megamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan
kelompok, siswa dapat:
1.
Menggambar diagram venn dari suatu himpunan.
2.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
diagram venn.
3.
Menyajikan oprasi himpunan seperti irisan, gabungan, dan
himpunan bagian dalam bentuk diagram venn.
A.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Materi reguler
Pertemuan 1
·
Macam-macam bentuk dari diagram venn
Pertemuan
2
·
Penggunaan diagram venn dalam kehidupan sehari-hari
-
Materi
pengayaan.
·
Diagram venn
dengan tiga himpunan.
-
Materi
remedial.
·
Diagram venn
dengan dua himpunan dalam bentuk sederhana.
B. METODE
PEMBELAJARAN
Project Based Learning (PBL)
C. MEDIA DAN
BAHAN
-
Proyektor
-
Spidol
-
Lembar Kerja
individu dan Lembar Kerja kelompok
D. SUMBER BELAJAR
-
Buku guru k-13
mata pelajaran Matematika KEMENDIKBUD Republik Indonesia
E. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Siswa
bersiap utuk belajar, mengucapkan salam dan berdo’a.
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
bertanya tentang materi yang sebelumnya diajarkan
-
Guru
menjelaskan materi dan tujuan pembelajaran hari ini.
-
Guru
memotivasi siswa bahwa pembelajaran diagram venn sangat berguna dalam
kehidupan sehari-hari.
-
Guru membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
-
guru
menyajikan sebuah slide yang berisi bermacam-macam model diagram venn.
-
siswa
mengamati setiap
perbedaan dari diagram venn tersebut.
Menanya
-
guru
memotivasi siswa untuk bertanya tentang gambar-gambar yang disajikan pada
kegiatan observasi.
-
siswa termotivasi untuk berdiskusi dan bertanya tentang
diagram venn.
Mengumpulkan
informasi
-
guru
membagikan lembar kerja individu dan lembar kerja kelompok.
-
siswa
berdiskusi dan mengerjakan tugas baik tugas individu maupun kelompok.
Mengolah
Informasi.
-
siswa
menghubugkan dan menganalisa lembar kerja kelompok dan individu.
Menginformasi.
-
guru meminta
perwakilan dari masing-masing kelompok menjelaskan didepan kelas hasil
diskusi kelompoknya.
-
siwa
mengumpulkan hasil dari lembar kerja individu dan lembar kerja kelompok.
|
60
menit
|
Penutup
|
-
Guru
bertanya kepada siswa tentang materi pembelajaran hari ini (refleksi).
-
Guru
memberikan feedback kepada siswa dan menyimpulkan materi pembelajaran hari
ini.
-
Guru
menyampaikan materi yang akan di bahas di pertemua selanjutnya.
-
Siawa
bersiap-siap mengakhiri pembelajaran dan berdo’a.
|
15
menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Siswa
bersiap utuk belajar, mengucapkan salam dan berdo’a.
-
Guru
mengabsen siswa
-
Guru
bertanya tentang materi yang sebelumnya diajarkan
-
Guru menjelaskan
materi dan tujuan pembelajaran hari ini.
-
Guru
memotivasi siswa bahwa pembelajaran diagram venn sangat berguna dalam
kehidupan sehari-hari.
-
Guru membagi
siswa ke dalam beberapa kelompok.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
-
guru menyajikan
sebuah permasalahan yang berhubungan
dengan dengan himpunan dalam bentuk soal cerita.
-
guru meampilkan solusi dari permasalahan tersebut
dalam bentuk diagram venn.
-
siswa
mengamati persmasalahan
serta solusi yang ditampilkan pada layar.
Menanya
-
guru
memotivasi siswa untuk bertanya tentang permasalahan
dan solusi yang disajikan pada kegiatan observasi.
-
siswa termotivasi untuk berdiskusi dan bertanya
tentang diagram venn.
Mengumpulkan
informasi
-
guru
membagikan lembar kerja individu dan lembar kerja kelompok.
-
siswa berdiskusi
dan mengerjakan tugas baik tugas individu maupun kelompok.
Mengolah
Informasi.
-
siswa
menghubugkan dan menganalisa lembar kerja kelompok dan individu.
Menginformasi.
-
guru meminta
perwakilan dari masing-masing kelompok menjelaskan didepan kelas hasil
diskusi kelompoknya.
-
siwa
mengumpulkan hasil dari lembar kerja individu dan lembar kerja kelompok.
|
60
menit
|
Penutup
|
-
Guru
bertanya kepada siswa tentang materi pembelajaran hari ini (refleksi).
-
Guru
memberikan feedback kepada siswa dan menyimpulkan materi pembelajaran hari
ini.
-
Guru
menyampaikan materi yang akan di bahas di pertemua selanjutnya.
-
Siawa
bersiap-siap mengakhiri pembelajaran dan berdo’a.
|
15
menit
|
A.PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Teknik
penilian
-
Penilaian sikap sosial.
-
Penilaian pengetahuan.
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/soal
|
3.2.1.
Menggambar
diagram venn dari suatu himpunan.
|
Tes
|
Soal
uraian
|
Diketahui
A = {Himpunan bilangan kelipatan
2 kurang dari 11}
B = {Himpunan bilangan factor
dari 12}
Gambarlah sebuah diagram venn dari
2 himpunan di atas!
|
3.2.2.
Menyajikan oprasi himpunan seperti irisan, gabungan,
dan himpunan bagian dalam bentuk diagram venn.
|
tes
|
Soal
Uraian
|
Diketahui :
X = {2, 3, 5, 7,
11}
Y = {3, 6, 9}
Tentukan hasil
oprasi X ∩ Y, dan sajikan
dalam sebuah diagram venn!
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/soal
|
3.2.2.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
diagram venn.
.
|
Tes
|
Soal
Uraian
|
Dalam suatu kelas terdapat 30
orang siswa yang senang dengan pelajaran Matematika, 25 orang siswa senang
dengan pelajaran fisika, dan 10 orang siswa senang pelajaran matematika dan
fisika.
a.
Gambarlah diagram venn dari keterangan di atas!
b.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran matematika?
c.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran fisika?
|
-
Penilaian keterampilan.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Khairul Ismi, SP
|
Serang,
Guru Mata Pelajaran Matematika
Huldromi, S.Pd
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 :
Lembar Kerja
LEMBAR KERJA KELOMPOK
NAMA
KELOMPOK :
KELAS :
ANGGOTA :
1.
Diketahui
A
= {Himpunan bilangan kelipatan 2 kurang dari 11}
B
= {Himpunan bilangan factor dari 12}
Gambarlah sebuah diagram venn dari 2 himpunan di atas!
2.
Diketahui :
X = {2, 3, 5, 7, 11}
Y = {3, 6, 9}
Tentukan
a.
Hasil oprasi X ∩ Y, dan
b.
Sajikan dalam sebuah diagram venn!
LEMBAR KERJA
NAMA :
KELAS :
1.
Dalam suatu kelas terdapat 30 orang siswa yang senang
dengan pelajaran Matematika, 25 orang siswa senang dengan pelajaran fisika, dan
10 orang siswa senang pelajaran matematika dan fisika.
a.
Gambarlah diagram venn dari keterangan di atas!
b.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran matematika?
c.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran fisika?
Lampiran 2 : rubrik penilaian sikap soasial
PENILAIAN
SIKAP SOSIAL
Kelompok : ……………
Nama anggota
kelompok:
1.
…………………………………..
2.
…………………………………..
3.
…………………………………..
4.
…………………………………..
5.
…………………………………..
1.
Instrumen
Penilaian Sikap Sosial
a. Observasi
Nama
siswa :
Kelas
/ no. absen :
Materi
pokok : Himpunan (Diagram Venn)
Tanggal
pengamatan :
NO.
|
ASPEK PENGAMATAN
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
KI-2
Teliti
|
|||||
1
|
Mencermati permasalahan
yang diberikan guru
|
||||
2
|
Dapat memilah-milah
permasalahan yang diberikan guru
Memeriksa
kembali hasil jawabannya
|
||||
KI -2 Tanggung jawab
|
|||||
3
|
Melaksanakan
tugas-tugas dengan baik
|
||||
4
|
Berani
menerima resiko atas tindakan yang dilakukan
|
||||
5
|
Tidak menuduh teman tanpa bukti
|
||||
6
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
||||
7
|
Minta
maaf jika melakukan kesalahan
|
||||
Jumlah
|
Kriteria
: Skor
4 jika
selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor
3 jika
sering melakukan sesuai pernyataan
Skor
2 jika
kadang-kadang melakukan sesuai
pernyataan
Skor
1 jika
tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Nilai
kompetensi :
Sangat baik (SB) Jika 21 < Jumlah skor diperoleh ≤ 28
Baik ( B) Jika 14<
Jumlah skor diperoleh ≤ 21
Cukup (C) Jika
7< Jumlah skor diperoleh ≤ 14
kurang (K) Jika
0 < Jumlah skor diperoleh ≤ 7
a.
PENILAIAN DIRI :
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
KI
2 teliti
|
|||||
1
|
Mencermati permasalahan
yang diberikan guru
|
||||
2
|
Dapat memilah-milah
permasalahan yang diberikan guru
Memeriksa
kembali hasil jawabannya
|
||||
KI 2 Tanggung jawab
|
|||||
3
|
Melaksanakan
tugas-tugas dengan baik
|
||||
4
|
Berani
menerima resiko atas tindakan yang dilakukan
|
||||
5
|
Tidak menuduh teman tanpa bukti
|
||||
6
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
||||
7
|
Minta
maaf jika melakukan kesalahan
|
||||
Jumlah
|
Kriteria
penilaian:
SL =
4 = selalu melakukan sesuai pernyataan
SR =
3 = sering melakukan sesuai pernyataan tetapi kadang tidak melakukan
KD =
2 = kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP =
1 = tidak pernah melakukan
Rubrik
: status sikap SB = Sangat Baik, jika
21< jumlah skor <28
B = Baik,
jika 14< jumlah skor <21
C = Cukup,
jika 7< jumlah skor <14
K = Kurang,
jika 0 < jumlah skor <7
a. INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI SIKAPANTAR SISWA
Nama
penilai : …………………….
Nama
siswa yang dinilai :
............................
Kelas/
Mata Pelajaran : VII/Matematika
Tanggal
Mengisi : ………………………….
Berilah tanda cek pada kolom pilihan
berikut dengan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peduli terhadap kesulitan teman lain
|
||||
2
|
Tekun
(sungguh-sungguh) dalam menyelesaikan tugas
|
||||
3
|
Tidak
mudah menyerah dalam menyelesaikan tugas
|
||||
4
|
Percaya
diri dalam menyelesaikan tugas
|
||||
5
|
Santun
dalam menyampaikan pendapat
|
||||
JUMLAH
|
Keterangan:
4
= selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering melakukan sesuai pernyataan tapi kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah melakukan
Status
sikap :
Sangat
Baik
jika 15<Jumlah Skor≤20,
Baik
jika 10 < Jumlah Skor ≤ 15,
Cukup
jika 5 < Jumlah Skor ≤ 10,
Kurang
jika 0 < Jumlah Skor ≤ 5.
a. INSTRUMEN PENILAIAN
KOMPETENSI SIKAP SOSIAL
JURNAL
Nama Siswa : ……..........................…………..
Aspek yang diamati : Kompetensi Sikap
No
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
Lampiran 3 : penilaian aspek pengetahuan
Pertemuan 1
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/soal
|
3.2.1.
Menggambar
diagram venn dari suatu himpunan.
|
Tes
|
Soal
uraian
|
Diketahui
A = {Himpunan bilangan kelipatan
2 kurang dari 11}
B = {Himpunan bilangan factor
dari 12}
Gambarlah sebuah diagram venn
dari 2 himpunan di atas!
|
3.2.2.
Menyajikan oprasi himpunan seperti irisan, gabungan,
dan himpunan bagian dalam bentuk diagram venn.
|
tes
|
Soal
Uraian
|
Diketahui :
X = {2, 3, 5, 7,
11}
Y = {3, 6, 9}
Tentukan hasil
oprasi X ∩ Y, dan sajikan
dalam sebuah diagram venn!
|
-
Pedoman penilaian pengetahuan
Skor
akhir = jumlah soal yang benar x 50
Pertemuan 2
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/soal
|
3.2.2.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
diagram venn.
.
|
Tes
|
Soal
Uraian
|
Dalam suatu kelas terdapat 30
orang siswa yang senang dengan pelajaran Matematika, 25 orang siswa senang
dengan pelajaran fisika, dan 10 orang siswa senang pelajaran matematika dan
fisika.
a.
Gambarlah diagram venn dari keterangan di atas!
b.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran matematika?
c.
Berapa orang yang hanya senang pelajaran fisika?
|
Lampiran 3 : Penilaian keterampilan
No.
|
NAMA
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
Praktik
|
Tugas individu
(keterampilan)
|
Diketahui :
X = {2, 3, 5, 7,
11}
Y = {3, 6, 9}
Tentukan hasil oprasi X ∩ Y, dan sajikan dalam sebuah diagram venn!
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Nilai:
81-100 = mengerjakan secara mandiri tanpa
dibantu orang lain
75-80 = mengerjakan dengan menanyakan cara
pengerjaan kepada teman.
>75 = mengerjakan dengan mencontek hasil
kerja temannya.
|
Demikian contoh RPP K-13 Matematika Kelas VII SMP Revisi Tahun 2018, semoga bisa membantu dan dijadikan rujukan untuk keperluan bapak/ibu guru, terima kasih.
Belum ada Komentar untuk "Download RPP K-13 Matematika Kelas VII SMP Revisi Tahun 2018 "
Posting Komentar