Pengertian dan macam-macam Object Pronoun

 Object pronoun adalah pronoun atau kata ganti yang mempunyai fungsi atau kedudukan sebagai objek kalimat.

sebagaimana kita tau, pronoun atau kata ganti dalam bahasa inggris ada 7 buah, diantaranya ada saya, kamu, kami, mereka, dia (untuk laki-laki), dia (untuk perempuan) kemudian terakhir adalah itu (untuk kata benda).

nah, object pronoun ini, posisi dari ke-7 kata ganti di atas berfugsi sebagai objek.

apa itu objek?

objek adalah sesuatu yang mendapat perlakuan atau menjadi tujuan dari suatu aksi.

contoh:

Saya menendang bola

saya : subjek atau orang yang melakukan aksi atau pekerjaan

menendang : predikat atau dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan verb yang berarti aksi atau pekerjaan yang dilakukan

bola : objek kalimat, dimana bola mendapat tindakan atau perlakukan (tendang) oleh (saya) yang merupakan subjek kalimat.


pada object pronoun, posisi kata ganti di sini sama seperti posisi bola, dimana dia mendapat perlakuan dari subjek


B. macam-macam object pronoun dalam bahasa inggris

seperti yang kita ketahui, ke-7 kata ganti dalam bahasa inggris adalah :

1. saya

2. kamu

3. dia (untuk laki laki)

4. dia (untuk perempuan)

5. mereka 

6. kami

7. itu (untuk kata benda)


nah untuk object pronoun dari ketujuh kata ganti di atas adalah

NO   Object Pronoun        arti

1.             me                     saya

2.             you                    kamu

3.              him                    dia (untuk laki-laki)

4.              her                     dia (untuk perempuan)

5.              them                  mereka

6.              us                        kami

7 .              it                         itu (untuk kata benda)


atau jika di dalam tabel bisa dilihat seperti gambar di bawah




C. Contoh Kalimat yang mengandung Object Pronoun


Saya bertemu dia (laki-laki)


pertama kita urai kedudukan kalimatnya yah

saya : subject (orang yang bertemu)

bertemu : verb atau kata kerjanya

dia (laki-laki) : object kalimat


setelah kita tahu kedudukan dari masing-masing kata, kita terjemahkan kedalam bahasa inggris,


saya karena sebagai subject kita menggunakan "I" atau ai bukan "me"

bertemu dalam bahasa inggris adalah "meet"

dia (laki-laki) karena dia object berarti kita menggunakan object pronoun atau "him" bukan he


maka bahasa inggris dari kalimat

saya bertemu dia (laki-laki) adalah " I meet him" 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan macam-macam Object Pronoun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel