CARA MUDAH MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT
Assalamu'alaikum
sahabat cerdas
kali ini admin akan membagikan tutorial tentang cara membuat rpp satu lembar, seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa salah satu kebijakan menteri pendidikan kita yang baru bapak Nadiem adalah penyederhanaan rpp menjadi hanya satu lembar.
Bagaimana bentuknya, dan bagaimana tatacara membuatnya mari kita bahas satu persatu artikel CARA MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT
oke, sahabat cerdas di bawah ini merupakan contoh format resmi rpp satu lembar dari kementerian, mari kita perhatikan
format 1
(pada bagian ini, sobat isikan KD yang akan diajarkan pada petemuan kali ini, bisa diisikan 1 atau 2 KD disesuaikan dengan alokasi waktu, pada contoh di atas saya isikan satu KD yaitu KD 3.1 yaitu KD pengetahuan)
sahabat cerdas
kali ini admin akan membagikan tutorial tentang cara membuat rpp satu lembar, seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa salah satu kebijakan menteri pendidikan kita yang baru bapak Nadiem adalah penyederhanaan rpp menjadi hanya satu lembar.
Bagaimana bentuknya, dan bagaimana tatacara membuatnya mari kita bahas satu persatu artikel CARA MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT
oke, sahabat cerdas di bawah ini merupakan contoh format resmi rpp satu lembar dari kementerian, mari kita perhatikan
format 1
format 2
itulah format resmi yang dibagikan oleh pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan,
pada kesempatan kali ini, kita akan membahas CARA MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT format ke 1, oke langsung saja
Nama Satuan Pendidikan : ............................................................................................................
(diisi dengan nama sekolah tempat mengajar)
Mata Pelajaran/Tema : ............................................................................................................
(diisi degan nama mapel jika sobat mengajar bidang studi di SD atau SMP dan SMA, dan tuliskan tema jika sobat mengajar SD dan sebagai guru kelas)
Kelas/Semester : : ...........................................................................................................
(diisi dengan level kelas yang diajar dan semester yang dimaksud, sesuaikan dengan prosem)
Materi Pokok : ...........................................................................................................
(materi yang akan sobat ajarkan di mapel tersebut, misalkan pada mapel bahasa inggris sobat ingin mengajarkan materi ungkapan harapan, do'a dan pujian)
Alokasi Waktu : ...........................................................................................................
(waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi tersebut, bagian ini juga harus disesuaikan dengan pembagian jam pada prosem yang sudah sobat buat, misalkan satu jam pelajaran 40 menit, dan dalam satu pertemuan sobat mempunyai alokasi waktu 80 menit (satu jam 20 menit) maka tulislah di dalam kolom tersebut 2 x 40 menit (satu kali pertemuan))
1. Tujuan Pembelajaran
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
(pada bagian ini, sobat isikan KD yang akan diajarkan pada petemuan kali ini, bisa diisikan 1 atau 2 KD disesuaikan dengan alokasi waktu, pada contoh di atas saya isikan satu KD yaitu KD 3.1 yaitu KD pengetahuan)
2. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat dan Bahan
2.1.1. Alat :
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
(diisikan alat yang akan dipergunakan selama pembelajaran, bisa berupa proyektor jika sobat ingin menampilkan power point, sound jika aktifitas pembelajaran sobat membutuhkan audio, atau buku paket jika aktifitas pembelajaran sobat berfokus pada kegiatan yang sudah tersusun di dalam buku modul)
2.1.2. Bahan :
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
(diisi kan dengan bahan yang akan digunakan sobat dalam pembelajaran, jika pada point sebelumnya dijabarkan alat untuk menampilkan, maka pada bagian ini sobat jabarkan hal apa saja yang akan ditunjukan menggunakan alat tadi, contoh saja vidio percakapan tentang ungkapan harapan, doa dan pujian, atau bisa berupa bahan lainnya seperti kartu, gambar, lagu, dan lain sebagainya)
2.1.3. Pertanyaan
Apakah ada yang tau apa itu doa, harapan, dan pujian?
apakah ada yang bisa mencontohkan salah satu ungkapan doa, harapan, dan pujian?
bagaimana caranya mengungkapkan doa, harapan, dan pujian dalam bahasa inggris?
(dibagian ini sobat isikan pertanyaan-pertanyaan pembuka yang merangsang peserta didik dan menggali pengetahuan mereka tentang materi, bisa diisikan satu, dua, atau lebih pertanyaan)
2.2. Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
siswa diberikan sebuah kartu, masing-masing kartu berisi situasi yang mengharuskan siswa mengungkapkan doa, harapan, dan pujian, peserta didik berdiskusi dengan teman sebangkunya untuk menentukan ungkapan mana yang tepat berdasarkan situasi tersebut
(pada bagian ini, peserta didik diberikan sebuah aktifitas yang berkaitan dengan materi serta KD yang diberikan, tujuannya adalah untuk melatih kemampuan peserta didik tentang materi yang diajarkan kali ini, aktifitas ini bisa berupa diskusi, mengerjakan contoh soal, memecahkan masalah, atau menyusun sebuah percakapan disesuaikan dengan materi yang sobat ajarkan)
2.3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
masing masing kelompok mendemontrasikan kartu yang diperoleh dan menjelaskan ungkapan yang tepat berdasarkan situasi di kartu tersebut serta menjelaskan alasanya
(pada bagian ini, peserta didik diminta menampilkan hasil kerja dari aktifitas yang sebelumnya sobat berikan, bisa berupa mengerjakan soal di papan tulis jika aktifitas berupa tugas di buku, atau mendemontrasikan percakapan, simulasi, drama dan lain sebagainya)
2.4. Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Keseimpulan Pembelajaran
guru dan peserta didik memberikan kesimpulan serta umpan balik tentag pembelajaran hari ini.
(pada bagian ini guru dan peserta didik masing-masig memberikan kesimpulan tentang pembelajaran hari ini, jika ada hal-hal yang kurang tepat pada saat peserta didik mendemontrasikan tugas nya maka guru pada bagian ini juga bisa memberikan umpan balik atau feeds back atau jika ada yang kurang dipahami peserta didik, bisa mengajukan pertanyaan)
2.4.2. Penilaian
peserta didik diminta mengerjakan soal pilihan ganda tentang materi ungkapan harapan, doa dan pujian (soal terlampir)
(penilaian yang sobat ingin lakukan kepada peserta didik fungsinya untuk melihat tingkat kepahaman peserta didik tentang materi yang diajarkan kali ini, ingat penilaian disesuaikan dengan KD , karna saya mengambil KD pengetahuan maka peserta didik tidak perlu mempraktikan materi atau nilai praktik peserta didik tidak perlu dinilai pada perteuan kali ini melainkan cukup pemahaman peserta didik tentang materi, maka saya pilih penilaiannya mengerjakan soal pilihan ganda)
.................................... 20.... Mangetahui
Guru Mata Pelajaran/Kelas Kepala Sekolah
=......................................=
= .........................................=
NIP NIP
(diisikan dengan nama guru pengajar, kepala sekolah, serta titi mangsa yang telah disepakati)
Demikianlah postingan kali ini tentang CARA MUDAH MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT
semoga bisa bermanfaat, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar jika ada hal yang masih beum jelas
terimakasih
wassalamu'alaikum wr wb
Belum ada Komentar untuk "CARA MUDAH MEMBUAT RPP SATU LEMBAR DENGAN CEPAT"
Posting Komentar